Sponsors

11 Mei 2015

Ayat-Ayat Makkiyah & Madaniyyah

Ayat-ayat al-Quran terbagi dalam dua bagian;

Pertama, al-Makki, yaitu apa yang turun kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sebelum hijrahnya ke Madinah, walaupun ayat itu turun di luar Makkah.

Kedua, al-Madani, yaitu apa yang turun setelah hijrah ke Madinah, walaupun turunnya diluar Madinah.

Ayat-ayat Makkiyah umumnya berbicara tentang perbaikan aqidah, akhlak yang mulia, dan memberantas segala macam bentuk syirik dan paganisme serta akhlak-akhlak jahiliyah. Demikian pula ayat-ayat Makkiyah banyak berbicara tentang kisah-kisah para nabi dan umat-umat terdahulu, dengan tujuan untuk mengokohkan hati orang-orang mukmin dan menjelaskan bahwa akhir yang baik untuk orang-orang bertakwa dan keburukan akan menimpa orang-orang yang kafir dan membangkang.
 
Adapun ayat-ayat Madaniyah didominasi oleh perincian hukum-hukum syar’i dengan segala konsekuensinya, baik yang berkait dengan ibadah, mu’amalah dan segala hal yang diperlukan dalam pembinaan masyarakat Islam dan urusan-urusan internal maupun eksternal.

Yang perlu dipahami, walaupun ada ciri-ciri tertentu yang menjadi pembeda antara ayat-ayat Makkiyah atau Madaniyah, akan tetapi data akurat dalam membedakan keduanya adalah melalui jalan periwayatan, yaitu apa yang dinukil kepada kita dari hadits-hadits nabawi dan perkataan para Shahabat dan Tabi’in.

0 tanggapan:

Posting Komentar