Sponsors

24 Desember 2011

Makhluk-Makhluk Terbesar Di Bumi (Renungan)

Allah Ta'ala berfirman :


يزيد في الخلق ما يشاء

"Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang dikehendaki-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu". (QS. Fathir ayat 1)

Sepatutnya kita memperhatikan ayat ini untuk memahami keagungan al Khaliq tabaaraka wa ta’aala. Berikut ini adalah makhluk-makhluk terbesar di muka bumi.


--ooo--


Makhluk Terbesar di Lautan

Paus Biru


Inilah makhluk hidup terbesar di muka bumi. Panjangnya lebih dari 32 meter dan beratnya mencapai lebih dari 150 kg. makhluk ini bergerak bebas di lautan dan setiap harinya membutuhkan makanan yang sekali makannya bisa mencapai ratusan kilogram.. Perhatikanlah bagaimana kebesaran Sang Pencipta Yang Maha Tinggi lagi Maha Mulia.


Cumi-Cumi Raksasa


Panjang hewan laut ini mencapai 14 meter dan dinamakan Giant Cranch Squid

--000--

Makhluk Darat Terbesar

Gajah Rimba Afrika




Dinamakan Savannah Elephant, dan merupakan makhluk terbesar di daratan untuk saat ini. Panjangnya lebih dari 7 m dengan tinggi 3,5 m. Bobotnya mencapai 9000 kg. Walaupun memiliki bobot yang sangat berat, tapi kecepatannya bisa mencapai 40 km/ jam.



Gorilla Raksasa


Disebut “Eastern Lowland Gorilla”. Terdapat di hutan-hutan Kongo. Beratnya mencapai 388 kg dengan tinggi lebih dari 2 m.

--ooo--

Binatang Melata Terbesar

Buaya Air Tawar




Makhluk terbesar diantara binatang-binatang melata. Panjangnya 6 m dengan bobot lebih dari 1300 kg.

--ooo--

Burung Terbesar di Muka Bumi

Burung Onta




Burung Onta adalah burung besar yang kecepatannya bisa lebih dari 70 km/ jam. Beratnya mencapai 155 kg dan tingginya 280 cm.

--ooo--

Kepiting Laut Terbesar

Kepiting Laba-Laba Jepang

Tinggi setiap kakinya yang sepuluh itu mencapai 4 m! Beratnya bisa mencapai 20 kg dan bisa hidup hingga mencapai usia 100 tahun.

--ooo--

Saudara dan Saudari yang berbahagia...

Makhluk-makhluk ini mengajak kita untuk bertasbih kepada Sang Pencipta dan mengingatkan kita kepada sebuah ayat yang sangat agung :

وَاللَّهُ خَلَقَ كُلَّ دَابَّةٍ مِنْ مَاءٍ فَمِنْهُمْ مَنْ يَمْشِي عَلَى بَطْنِهِ وَمِنْهُمْ مَنْ يَمْشِي عَلَى رِجْلَيْنِ وَمِنْهُمْ مَنْ يَمْشِي عَلَى أَرْبَعٍ يَخْلُقُ اللَّهُ مَا يَشَاءُ إِنَّ اللَّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Dan Allah telah menciptakan semua jenis hewan dari air, maka sebagian dari hewan itu ada yang berjalan diatas perutnya dan sebagian berjalan dengan dua kaki, sedang sebagian (yang lain) berjalan dengan empat kaki. Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya, sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu”. (an Nur ayat 45).


Allah menciptakan setiap makhluk ini untuk suatu tujuan dan hikmah, bukan untuk sebuah kesia-siaan.

Sebenarnya, ini merupakan sarana untuk mengingat begitu kecilnya diri kita di hadapan hewan-hewan ciptaan Allah ini. Sepantasnya kita bersikap tawadhu’ di hadapan-Nya dan jangan justru bersikap sombong. Paus Biru saja bobotnya sama dengan bobot 2000 orang!! Sementara dia adalah makhluk yang juga bertasbih kepada Allah…

Dzat Yang Maha Mulia telah menanggung rezki semua makhluk-makhluk ini… Tidakkah Dia akan menanggung rezki seorang manusia yang mengucapkan “Lâ ilâha illa_Llâhu” ?!

Maha Suci Engkau, ya Allah… Ampunilah dosa-dosa kami…


--ooo--

Oleh : Abdul Daeem al Kaheel
Referensi materi dan gambar : The Largest Living Animals, www.scienceray.com

0 tanggapan:

Posting Komentar