Sponsors

02 Januari 2013

Adab dalam Memberi Salam dan Meminta Izin

Termasuk dalam petunjuk Nabi shallallahu 'alaihi wasallam adalah memberi salam saat datang kepada suatu kaum dan saat akan pergi, dan beliau memerintahkan untuk menyebarkan salam.

Beliau pernah bersabda,

يسلم الصغير على الكبير والمارّ على القاعد والراكب على الماشي والقليل على الكثير

"Anak-anak memberi salam kepada orang dewasa, orang yang lewat memberi salam kepada orang yang duduk, orang yang berkendaraan memberi salam kepada orang yang berjalan, dan orang yang sedikit memberi salam kepada yang banyak." (HR. Al-Baihaqi)

Termasuk dalam kebiasaan beliau untuk memulai memberi salam kepada orang yang dijumpainya. Jika seseorang memberi salam kepadanya, maka beliau akan membalasnya dengan salam yang sama atau yang lebih baik, dengan segera tanpa menundanya kecuali jika memiliki uzur seperti shalat atau buang hajat.

Beliau berkata saat memulai salam, "Assalamu 'alaikum warahmatullah." (HR. Al-Bukhary), dan membenci jika orang yang memulai salam mengatakan, "'Alaikassalam."
Jika menjawab salam, maka beliau akan berkata, "Wa 'alaikassalam."; dengan menggunakan "wa".

Termasuk dalam petunjuknya jika memberi salam kepada kumpulan orang yang banyak -yang kiranya ucapan salam sekali saja tidak akan menjangkau seluruhnya- adalah memberi salam sebanyak 3 kali.


Termasuk juga dalam sunnahnya bagi orang yang masuk masjid untuk memulainya dengan dua raka'at Tahiyatul Masjid, kemudian setelah itu datang dan memberi salam kepada orang-orang.

Sama sekali beliau tidak pernah menjawab salam dengan tangan, kepala ataupun jari kecuali dalam shalat, maka beliau akan menjawab salam tersebut dengan isyarat.

Beliau pernah lewat di kumpulan anak-anak dan memberi salam kepada mereka. Beliau juga pernah lewat di kumpulan kaum wanita dan memberi salam kepada mereka. Dan dahulu para Shahabat beranjak pergi selesai Shalat Jumat dan melewati seorang nenek tua di jalanan, dan mereka memberi salam kepadanya.

Nabi shallallahu 'alaihi wasallam juga menitipkan salam untuk orang yang tidak ada di tempat, dan juga menerima titipan salam. Jika ada orang yang menyampaikan salam dari orang lain maka beliau akan menjawab,

وعلى المبَلِّغ

"(Salam) juga untuk yang menyampaikan."

Pernah ditanyakan kepada beliau, "Seseorang berjumpa dengan saudaranya; apakah dia membungkuk untuknya?"
Beliau menjawab, "Tidak."
"Apakah dia memeluknya dan menciumnya?"
"Tidak."
"Apakah dia menjabat tangannya?"
Beliau menjawab, "Iya." (Terjemah HR. At-Tirmidzi)

Bukan termasuk sunnahnya mengejutkan keluarga dengan datang di waktu malam untuk mencari aib-aib mereka. Beliau selalu memberi salam kepada mereka. Jika beliau masuk, beliau yang akan memulai bertanya atau bertanya tentang keadaan mereka.

Jika beliau datang kepada keluarganya di waktu malam, beliau akan memberi salam dengan salam yang bisa didengarkan orang yang dalam keadaan bangun dan tidak membuat terbangun orang yang sedang tidur.

Termasuk dalam petunjuknya bahwa seseorang yang meminta izin, jika ditanyakan padanya, "Siapa?", maka yang ditanya menjawab, "Fulan bin Fulan" (yaitu menyebut nama), atau menyebut kuniyahnya atau gelarnya; dan jangan sekali-kali mengatakan, "Saya."

Jika beliau meminta izin, maka beliau akan meminta izin sebanyak 3 kali. Jika tidak diizinkan, beliau akan kembali.

Beliau mengajarkan sahabat-sahabatnya untuk memberi salam sebelum meminta izin.

Dan kebiasaan beliau jika mendatangi rumah seseorang, maka beliau tidak akan berdiri menghadap pintu, akan tetapi berdiri di sisi kanannya atau kirinya. Beliau bersabda,

إنما جعل الاستئذان من أجل البصر

"Meminta izin itu disyariatkan disebabkan oleh pandangan." (HR. Al-Baihaqi)

-----------------------

Sumber :

Hadyu Muhammad shallallaahu 'alaihi wasallam fi 'Ibaadaatihi wa Mu'aamalaatihi wa Akhlaaqihi, dengan mengutip dari Zaad al-Ma'aad, II/371

0 tanggapan:

Posting Komentar