Sponsors

06 Maret 2016

As-Salafiyyah

Pertanyaan :

Apakah yang dimaksud dengan As-Salafiyyah (Manhaj Salaf) dan bagaimana pendapat Anda tentangnya?

Jawab :
 
As-Salafiyyah adalah penisbatan kepada “as-Salaf”.

As-Salaf adalah para Sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan para Imam yang berada diatas al-Huda (petunjuk) dari kalangan Tiga Generasi Pertama radhiyallahu ‘anhum, yang dipersaksikan akan kebaikan mereka oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dalam sabdanya,

خير الناس قرني ثم الذين يلونهم، ثم الذين يلونهم، ثم يجيء أقوام تسبق شهادة أحدهم يمينه ويمينه شهادته

Sebaik-baik manusia adalah generasiku, kemudian yang datang sesudahnya, kemudian yang datang sesudahnya. Setelah itu akan datang orang-orang yang persaksian salah seorang dari mereka mendahului sumpahnya dan sumpahnya mendahului persaksiannya”. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam kitab Musnad-nya, al-Bukhary dan Muslim.

Salafiyyun adalah bentuk jama’ (plural) dari “salafy”, nisbat kepada as-Salaf. Maknanya telah disebutkan. Merekalah orang-orang yang berjalan diatas minhaj (jalan/metode) as-Salaf dalam ittiba’ (mengikuti) al-Kitab dan as-Sunnah, berdakwah kepada keduanya dan mengamalkan keduanya. Dengan itulah mereka menjadi Ahlussunnah wal Jama’ah.

و بالله التوفيق، و صلى الله على نبينا محمد و آله و صحبه و سلم

Al-Lajnah ad-Dâ’imah li al-Buhûts al-‘Ilmiyyah wa al-Iftâ’ (Lembaga Tetap untuk Riset Ilmiah dan Fatwa) Kerajaan Saudi Arabia.


(Sumber : Fatawa al-Lajnah ad-Da’imah, Majmu’ah Tsaniyah, II/243, fatwa no. 1361)


0 tanggapan:

Posting Komentar