Sponsors

04 Februari 2013

Dengan Apa Seorang Da'i Memulai Dakwahnya?

Jama'ah-jama'ah Islamiyah di sini berbeda-beda dalam prioritas pertama dakwah yang wajib bagi para da'i untuk memulainya; apakah dimulai dari sisi politik, aqidah atau akhlak? Apa saja perkara-perkara yang menurut Anda harus dimulai dalam dakwah?

*****

Jawab :

Disyari'atkan memulainya dengan aqidah sebagaimana yang dimulai oleh Nabi shallallahu 'alaihi wasallam dan dimulai oleh semua rasul. Dan juga dengan dalil hadits Mu'adz,

إنك ستأتي أقواماً من أهل الكتاب ، فإذا جئتهم فادعهم أن يشهدوا أن لا إله إلا الله وأن محمداً رسول الله ، فإن هم أطاعوك بذلك فأخبرهم أن الله قد فرض عليهم خمس صلوات في كل يوم وليلة ، فإن هم أطاعوك بذلك فأخبرهم إن الله قد فرض عليهم صدقة تأخذ من أغنيائهم فترد على فقرائهم ، فإن هم أطاعوك بذلك فإياك وكرائم أموالهم ، واتق دعوة المظلوم فإنه ليس بينها وبين الله حجاب

"Sesungguhnya engkau akan mendatangi kaum-kaum dari kalangan Ahli Kitab. Jika engkau mendatangi mereka, dakwahilah mereka untuk bersyahadat bahwa tiada ilah (yang hak) kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Jika mereka patuh kepadamu dalam perkara itu, kabarkanlah kepada mereka bahwa Allah telah mewajibkan kepada mereka shalat lima waktu pada sehari dan semalam. Jika mereka telah patuh kepadamu dengan hal itu, maka kabarkanlah kepada mereka bahwa Allah telah mewajibkan atas mereka sedekah, yang diambil dari orang-orang kaya mereka dan diberikan kepada orang-orang fakirnya. Jika mereka patuh terhadapmu, maka jauhilah harta-harta berharga mereka. Takutlah kepada doa orang yang terzalimi, karena tidak ada batas antara doa tersebut dengan Allah."; jika yang didakwahi adalah orang-orang kafir.

Adapun jika yang didakwahi adalah orang-orang muslim, maka dijelaskan kepada mereka apa yang tidak mereka ketahui dari hukum-hukum agama dan apa yang mereka lalaikan darinya. Dan hendaknya sang da'i memperhatikan prioritas yang terpenting kemudian yang penting.

Dikutip dari Fatawa al-Lajnah ad-Da'imah, XII/hal.238


Islam Soal Jawab
http://islamqa.info/ar/ref/10261

0 tanggapan:

Posting Komentar