Sponsors

27 Februari 2013

Haruskah Seimbang antara Shaf Kanan dan Shaf Kiri?

Pertanyaan :

Apakah shaf dimulai dari sebelah kanan atau dari belakang imam? Apakah disyari'atkan menyeimbangkan antara shaf kanan dan kiri? Dimana dikatakan : 'Seimbangkan shaf', sebagaimana yang dilakukan oleh banyak imam?

*****

Dijawab oleh Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz rahimahullahu :

Shaf dimulai dari tengah yang dekat ke imam. Sebelah kanan setiap shaf lebih utama daripada sebelah kirinya. Yang wajib adalah tidak membuat shaf (baru) hingga sempurna shaf yang sebelumnya, dan tidak mengapa jika orang-orang lebih banyak di sebelah kanan shaf. Dan tidak ada perlunya menyeimbangkan shaf (kanan dan kiri), bahkan perkara itu menyelisihi sunnah. Akan tetapi, tidak boleh membuat shaf kedua hingga sempurna shaf pertama, dan tidak yang ketiga hingga sempurna yang kedua, dan begitulah seterusnya shaf-shaf tersebut; dan juga telah sah dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bahwa beliau memerintahkan hal itu.

--------------

Sumber : Tuhfah al-Ikhwan bi Ajwibah Muhimmah Tata'allaq bi Arkan al-Islam, Syaikh Abdul Aziz bin Baz, hal 101. Diawasi pengumpulannya oleh Muhammad bin Syayi' bin Abdul Aziz asy-Syayi'

0 tanggapan:

Posting Komentar