Sponsors

08 September 2013

Jangan Pernah Berputus Asa dari Kebaikan Mereka

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda,

إذا قال الرجل : هلك الناس فهو أهلكهم

"Jika seseorang berkata : 'Manusia telah binasa', maka sungguh dia telah membinasakan mereka." (HR. Muslim)

Kata ( أهلك ) diriwayatkan dengan fathah dan dhommah. Diriwayatkan dengan fathah, maknanya seperti yang telah disebutkan, dan diriwayatkan dengan dhommah yang artinya : "Maka dialah yang paling binasa diantara mereka."

Dalam riwayat Imam Ahmad disebutkan,

إذا سمعتم رجلاً يقول قد هلك الناس فهو أهلكهم، يقول الله إنه هالك

"Jika kalian mendengar seorang laki-laki mengatakan : 'Manusia telah binasa', maka dialah yang paling binasa. Allah berfirman : "Sesungguhnya dia seorang yang binasa'."

Dalam riwayat Abu Nu'aim disebutkan dengan redaksi,

فهو من أهلكهم

"Dialah yang paling binasa."

Adapun makna dari hadits ini, berkata Imam An-Nawawi rahimahullahu, "Maksud perkataan beliau adalah; tatkala seseorang itu masih suka mencela manusia, mengungkapkan keburukan-keburukan mereka dan sibuk dengan aib-aib mereka sambil berkata : 'Celakalah manusia dan binasalah mereka!', maka pada saat itu, dialah yang lebih celaka dari mereka. Hal ini disebabkan karena dengan perbuatannyanitu, ia telah menyingkap aib seseorang. Ia akan mendapatkan aib tersebut, ia akan mendapatkan dosa di sisi Allah dan juga perbuatannya itu akan mewariskan sifat 'ujub (bangga diri) dalam jiwanya serta merasa bahwa dialah yang terbaik dari manusia-manusia lainnya.

Namun, celaan terhadap orang yang mengucapkan perkataan tersebut tentunya hanya berlaku bagi orang-orang yang menyatakannya dengan maksud untuk meremehkan atau mencela lawan bicaranya serta meninggikan dirinya diatas mereka. Adapun jika dia mengungkapkannya sebagai bukti rasa cintanya kepada mereka ketika dia melihat kekurangan yang ada pada diri saudaranya yang menyangkut masalah agama, maka yang demikian itu dibolehkan." (Syarh Shahih Muslim)

0 tanggapan:

Posting Komentar