Sponsors

07 Januari 2014

Mengapa Aqidah as-Salaf ash-Shalih lebih Pantas untuk Diikuti?

Aqidah diatas manhaj (metode) para as-Salaf ash-Shalih memiliki beberapa keistimewaan yang bisa menjelaskan tentang keunggulannya dan pentingnya berpegang kepadanya, diantaranya :

Pertama,

Manhaj ini adalah jalan satu-satunya untuk menghilangkan perpecahan dan menyatukan barisan kaum muslimin secara umum, serta para ulama dan para da'i secara khusus. Manhaj ini adalah wahyu Allah, petunjuk nabiNya dan manhaj yang berada diatasnya generasi awal umat ini. Perkumpulan diatas manhaj yang selain ini hanya akan membawa pada apa yang kita saksikan pada hari ini dari perpecahan, perselisihan dan kemunduran. Allah Ta'ala berfirman,

وَمَن يُشاققِ الرَسُوْلَ مِن بَعْدِ مَا تبَيّنَ لَهُ الهُدَى وَيَتّبِعْ غيْرَ سَبيْلِ المُؤْمِنِيْنَ نُوَلّهِ مَا توَلىَّ وَنُصْلِهِ جَهَنَّمَ وَسَاءَتْ مَصِيْرًا

"Dan barangsiapa yang menentang Rasul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mukmin, Kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu dan Kami masukkan ia ke dalam Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali." (QS. an-Nisa ayat 115)

Kedua,

Manhaj ini akan mengumpulkan dan menguatkan kaum muslimin, menyatukan kalimat mereka diatas kebenaran dan dalam kebenaran itu, karena ini merupakan pemenuhan terhadap seruan Allah Ta'ala,

وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللهِ جَمِيْعًا وَلاَ تَفَرَّقُوا

"Dan berpeganglah kamu semua kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai." (QS. Alu Imran ayat 103)

Sebab terpenting terjadinya perselisihan di kalangan umat Islam adalah karena berbedanya manhaj-manhaj mereka dan berbilangnya sumber talaqqi[1] mereka. Karenanya, menyatukan rujukan mereka dalam aqidah dan talaqqi adalah sebab penting untuk satunya umat ini.

Ketiga,

Manhaj ini mengikat kaum muslimin secara langsung dengan Allah dan rasulNya, dengan mencintai keduanya dan mengagungkan keduanya, serta tidak mendahului keduanya. Mengapa?

Karena manhaj dan aqidah para as-Salaf mata airnya adalah perkataan Allah dan perkataan rasulNya, jauh dari permainan hawa nafsu dan syubhat, dan bersih dari pengaruh-pengaruh asing berupa filsafat, mantiq, rasio dan lain-lain.

Keempat,

Manhaj ini mudah dan jelas. Jauh dari kerancuan dan penyimpangan dalil. Orang yang mengimaninya akan merasakan kenyamanan dalam pikiran, ketenangan jiwa, jauh dari keragu-raguan, khayalan dan was-was syaitan, karena dia berjalan diatas petunjuk Nabi umat ini -shallallahu 'alaihi wasallam- dan para shahabatnya yang mulia -radhiyallahu 'anhum.

Kelima,

Manhaj ini merupakan salah satu sebab terbesar untuk pendekatan diri kepada Allah dan mendapatkan keberuntungan dengan keridhaanNya.

Demikianlah keistimewaan yang dimiliki oleh manhaj ini. Dan dia tidak akan pernah berbeda di tempat mana saja, dan waktu kapan saja, alhamduli-Llah.[2]

------------------

[1] Talaqqi adalah metode dalam berdalil dan pengambilan ilmu
[2] Disadur dari al-Wajiz fi Aqidah as-Salaf ash-Shalih, oleh Abdullah bin Abdil Hamid al-Atsari

0 tanggapan:

Posting Komentar