Sponsors

21 Agustus 2011

Mendakwahi Orang Awam kepada Manhaj Kebenaran


Syaikh Rabi' bin Hadi al-Madkhali hafidzhahullahu ta'ala ditanya :

"Bagaimana seharusnya mendakwahi orang-orang awam kepada dakwah Salafiyyah ini? Terlebih sebagian mereka telah terpedaya dengan sebagian da’i-da’i keburukan.."

---ooooo---

Beliau menjawab :
Allah Ta’ala telah menetapkan manhaj/ metode untuk berdakwah kepada-Nya. Allah berfirman kepada nabi-Nya :

ادْعُ إِلِى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُم بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ

“Serulah manusia kepada jalan Rabb-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik”. (an Nahl :125)

Berdakwah kepada Allah dilakukan dengan hikmah..

Hikmah tersebut adalah ilmu, penjelasan dan argumentasi..

Engkau berdakwah dengan ilmu, dengan akhlak yang baik dan kelembutan. Kepada orang awam ataupun kepada yang bukan orang awam. Hanya saja, orang awam lebih mudah menerima. Terkadang dia akan menerima kebenaran darimu tanpa harus berdebat.

Jika butuh kepada diskusi; maka orang tersebut akan memiliki sedikit penolakan, sedikit ketergantungan terhadap kebatilan, maka hendaknya berdiskusi dan mendebatnya dengan cara yang baik.

وَلَا تَسْتَوِي الْحَسَنَةُ وَلَا السَّيِّئَةُ ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهُ وَلِيٌّ حَمِيمٌ * وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا الَّذِينَ صَبَرُوا وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا ذُو حَظٍّ عَظِيمٍ

“Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar”. (Fushshilat : 34-35)

Jadi, tidak akan diberikan hikmah tersebut melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keberuntungan yang besar.

-------

Sumber : http://www.rabee.net/show_fatwa.aspx?id=172

0 tanggapan:

Posting Komentar