Sponsors

31 Mei 2014

Sya'ban, antara Sunnah dan Bid'ah

Sya'ban adalah salah satu bulan ibadah, menjelang datangnya bulan yang agung, yaitu bulan Ramadhan. Sayangnya, banyak diantara kaum muslimin yang mengabaikan sunnah-sunnah yang shahih berkait dengan ibadah di bulan Sya'ban, dan justru terjatuh dalam perkara-perkara bid'ah yang tercela.

Apa yang Dilakukan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam di Bulan Sya'ban?

Dari Usamah bin Zaid radhiyallahu 'anhu, ia berkata : Saya berkata : "Wahai Rasulullah, saya tidak melihatmu berpuasa pada salah satu dari bulan-bulan yang ada sebagaimana puasamu di bulan Sya'ban?"

Beliau shallallahu 'alaihi wasallam menjawab,

ذاك شهر يغفل الناس عنه بين رجب ورمضان وهو شهر ترفع فيه الأعمال إلى رب العالمين فأحب أن يرفع عملي وأنا صائم

"Itu adalah bulan yang manusia lalai darinya, antara Rajab dan Ramadhan. Bulan yang padanya amal-amal diangkat kepada Rabb semesta alam. Dan aku suka jika amalku diangkat dan aku dalam keadaan berpuasa." (HR. An-Nasa'i).

Dari Aisyah radhiyallahu 'anha, ia berkata, "Nabi shallallahu 'alaihi wasallam tidak pernah berpuasa yang lebih banyak daripada (puasa di bulan) Sya'ban. Beliau berpuasa (di bulan) Sya'ban seluruhnya." (HR. Al-Bukhary)

Keutamaan Malam Pertengahan (Nishfu) Sya'ban

Dari Abu Musa al-Asy'ari radhiyallahu 'anhu, dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda,

إن الله ليطلع في ليلة النصف من شعبان فيغفر لجميع خلقه إلا لمشرك أو مشاحن

"Sesungguhnya Allah melihat pada malam pertengahan Sya'ban, maka Dia mengampuni semua hambaNya kecuali orang yang musyrik dan suka memusuhi." (HR. Ibnu Majah, dishahihkan al-Albani dalam ash-Shahihah no. 1144).

Bid'ah-bid'ah yang Masyhur di Bulan Sya'ban

1. Shalat al-Bara'ah, yaitu shalat yang dikhususkan pada malam Nishfu Sya'ban sebanyak 100 raka'at.

2. Shalat 6 raka'at yang diniatkan untuk menolak bala', panjang umur dan tercukupi dari meminta-minta kepada manusia.

3. Membaca surat Yasin dan berdoa dengan doa khusus pada malam tersebut.

4. Keyakinan sebagian mereka bahwa malam Nishfu Sya'ban adalah Lailatul Qadr.

Sejarah Terjadinya Bid'ah Tersebut

Berkata al-Maqdisi, "Yang pertama terjadi di kami pada tahun 448 H, ketika datang kepada kami di Baitul Maqdis seorang laki-laki dari Nablus yang dikenal sebagai Ibnu Abi al-Humaira', dan ia seorang yang bagus bacaannya. Ia melakukan shalat di Masjid al-Aqsha pada malam Nishfu Sya'ban, dan bermakmum di belakangnya seorang laki-laki. Kemudian bertambah orang yang ketiga, keempat... Dan tidaklah dia mengkhatamkannya hingga dia telah berkumpul bersama jamaah yang banyak..." (Al-Ba'its 'ala Inkar al-Bida' wa al-Hawadits, 124-125).

Berkata an-Najm al-Ghaithi, "Sungguh, hal itu telah diingkari banyak ulama dari penduduk Hejaz diantaranya Atha', Ibnu Abi Mulaikah, para fuqaha' Madinah dan sahabat-sahabat Malik. Mereka berkata : Semua itu adalah bid'ah!" (As-Sunan wa al-Mubtada'at, asy-Syuqairi, hal. 145)

--------------

Sumber : www.saaid.net

0 tanggapan:

Posting Komentar