Sponsors

13 September 2016

Dzikir & Doa Adzan

Disunnahkan bagi orang yang mendengarkan kalimat-kalimat adzan yang dikumandangkan muazzin untuk menjawabnya sebagaimana ucapan muazzin.

Kecuali di saat muazzin mengucapkan “hayya ‘ala_shshalâh” dan “hayya ‘ala_lfalâh”, maka sunnahnya bagi orang yang mendengarkannya menjawab dengan ucapan “lâ haula wa lâ quwwata illâ bi_llâh”. (HR. Al-Bukhary dan Muslim).

Selesai muazzin mengumandangkan adzan, maka disunnahkan membaca doa,

اللهمّ ربّ هذه الدعوةِ التامّةِ والصلاةِ القائمةِ آتِ محمدًا الوسيلةَ والفضيلةَ وابعثه مقامًا محمودًا الذي وعدته

Allâhumma rabba hâdzihi_dda’wati_ttâmmah, wa_shshalâti_lqâ-imah, âti Muhammadi_lwasîlata wa_lfadhîlah, wa_b’atshu maqâman mahmûdani_lladzî wa’adtah.

“Ya Allah, Rabb yang memiliki seruan yang sempurna ini, dan shalat yang akan ditegakkan, berikanlah Muhammad wasîlah dan keutamaan, serta bangkitkan dia sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang telah Engkau janjikan.” (HR. Al-Bukhary).

Inilah riwayat yang paling shahih berkenaan dengan doa selepas adzan. Terdapat beberapa tambahan yang sering kita dengarkan dalam doa adzan diantaranya,

1. Allâhumma innî as-aluka bihaqqi hâdzihi_dda’wah (Ya Allah, aku memohon kepadaMu dengan hak seruan ini)

2. Wa_ddarajata_rrafî’ah (dan derajat yang tinggi)

3. Innaka lâ tukhlifu_lmî’âd (sesungguhnya Engkau tidak menyelisihi janji)

4. Ya arhama_rrâhimîn (wahai Zat Yang paling penyayang dari para penyayang)

Tambahan-tambahan dzikir ini disebutkan dalam beberapa riwayat hadits, namun riwayat-riwayat tersebut tidak selamat dari kritik para ulama. Karenanya, yang lebih selamat bagi dalam persoalan ini adalah membatasi pada apa yang disebutkan dalam riwayat yang telah disepakati keshahihannya.

Keutamaannya Doa Selesai Adzan

Diriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr radhiyallahu ‘anhuma bahwa ia mendengar Rasulullah ﷺ bersabda,

إذا سمعتم المؤذن فقولوا مثل ما يقول ثم صلوا علي ثم سلوا الله لي الوسيلة، فمن سأل الله لي الوسيلة حلت عليه شفاعتي
Jika kalian mendengar muazzin maka ucapkan seperti apa yang diucapkannya. Kemudian bershalawatlah untukku dan mohonkan kepada Allah wasilah untukku. Siapa yang memohon kepada Allah wasîlah untukku, niscaya telah halal baginya syafa’atku.” (HR. Muslim).

Faedah

Wasîlah” yang dimaksudkan dalam hadits itu adalah derajat/kedudukan di surga. Nabi ﷺ berkata menjelaskan tentang wasilah tersebut,

إنها منزلةٌ فى الجنة لعبدٍ من عباد الله وأرجو أن أكون أنا هو

Dia adalah sebuah derajat di surga untuk seseorang dari hamba-hamba Allah, dan aku berharap akulah orangnya.” (HR. Muslim).

Fadhîlah” adalah keutamaan yang melebihi kedudukan semua hamba.

Dan yang dimaksud “al-maqâm al-mahmûd” (kedudukan terpuji) adalah syafa’at agung (asy syafâ’ah al ‘udzhmâ) pada hari Kiamat nanti yang dengannya beliau akan dipuji oleh seluruh hamba.

0 tanggapan:

Posting Komentar