Sponsors

30 November 2016

Syirik Kecil (Asy-Syirk Al-Ashghar)

Syirik ashghar adalah setiap apa yang padanya terdapat jenis kesyirikan, akan tetapi tidak sampai pada level syirik akbar.

Hukumnya bisa disimpulkan sebagai berikut :

1. Syirik ashghar termasuk dosa-dosa besar (kabâir adz-dzunûb), bahkan termasuk dosa-dosa besar yang paling besarnya setelah pembatal-pembatal tauhid.

2. Syirik ini sangat mungkin membesar yang membawa pelakunya sampai kepada level syirik akbar yang mengeluarkannya dari Islam. Pelakunya berada pada bahaya besar karena bisa membawanya dari melakukan syirik kecil hingga mengeluarkannya dari Islam.

3. Syirik ini jika menyertai suatu amal shalih maka dia akan membatalkan pahalanya. Sebagaimana halnya riya’ dan keinginan duniawi semata-semata dalam sebuah amal shalih yang dilakukan seorang manusia. Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam meriwayatkan dari Rabb-nya ‘azza wa jalla,

أنا أغنى الشركاء عن الشرك، من عمل عملاً أشرك فيه معي غيري تركته وشركه

Aku adalah Dzat yang paling cukup dari sekutu. Siapa yang mengamalkan satu amalan yang dia mempersekutukan Aku padanya bersama yang selain Aku, niscaya Aku tinggalkan dia bersama sekutunya!” (HR. Muslim)

0 tanggapan:

Posting Komentar