Sponsors

22 Desember 2013

Adakah Dalil Mengucapkan Niat sebelum Shalat?

Adakah dalil mengucapkan niat sebelum shalat? Jika tidak ada, apakah termasuk bid'ah? Jika tidak ada, bagaimana saya menjelaskan kepada keluarga agar tidak mengucapkannya? Karena kami semua mempelajari niat tersebut dari buku Tuntunan Shalat.

Eka Yuliana (ekayuliana@xxxxx.com)

Jawab :

Tidak ada dalil satu pun dari al-Quran atau Sunnah yang memerintahkan atau menganjurkan untuk mengucapkan niat sebelum shalat atau ibadah-ibadah lainnya. Hal itu tidak pernah juga dinukil dari para Shahabat, Tabi'in, bahkan dari para Imam mazhab yang empat. Perbuatan ini termasuk bid'ah yang mungkar, karena Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan,

من أحدث فى أمرنا هذا ما ليس منه فهو ردّ

"Barangsiapa mengada-adakan dalam urusan (agama) kami ini sesuatu yang bukan darinya, maka perkara itu tertolak." (HR. al-Bukhary dan Muslim)

Dalam riwayat lain,

من عمل عملاً ليس عليه أمرنا فهو ردّ

"Barangsiapa mengerjakan satu amalan (ibadah) yang tidak ada perintah kami padanya, maka amalan itu tertolak." (HR. Muslim)

Kewajiban kita terhadap orang yang masih mengamalkannya adalah bernasehat dengan cara yang baik. Sampaikan persoalan ini kepada keluarga dengan mencari kesempatan yang tepat, dengan diskusi yang baik dan ajaklah mereka untuk berpikir sederhana bahwa agama ini milik Allah. Dia yang berhak mengatur tentang urusan agama ini. Itulah keistimewaan Allah yang tidak bisa ditandingi oleh siapapun. Kalau setiap orang bebas untuk berbicara tentang agama Allah ini tanpa ilmu, menambah atau mengurangi ibadah dengan semau hawa nafsunya, apalagi keistimewaan yang tersisa Rabb semesta alam?

Kaedah umumnya bahwa hukum asal ibadah adalah haram kecuali apa yang diperintahkan. Adapun dalam urusan duniawi, maka hukum asalnya adalah mubah (boleh/halal) kecuali apa yang dilarang. Barangkali saja dengan logika sederhana ini mereka bisa menerima argumen yang Saudari sampaikan tentang masalah ini.

Semoga Allah memberkahi Saudari dan keluarga.

0 tanggapan:

Posting Komentar