Sponsors

20 Februari 2015

Turunnya Al-Quran Al-Karim

Al-Quran memiliki fase-fase diturunkan;

Pertama, turunnya ke al-Lauh al-Mahfudzh ketika Allah menciptakan al-Lauh al-Mahfudzh. Al-Quran sebelum itu berada pada ilmu Allah yang azali.

Kedua, turunnya dari al-Lauh al-Mahfudzh ke Baitul ‘Izzah di langit dunia.

Ketiga, turunnya dari Baitul ‘Izzah kepada Nabi ﷺ.

Fase ketiga turunnya al-Quran terjadi secara bertahap dan berangsung-angsur selama 23 tahun, dengan tujuan untuk mengokohkannya dalam hati Nabi ﷺ melalui perjumpaannya dengan Malaikat Jibril, di sela-sela apa yang diturunkan padanya dari ayat-ayat yang memerintahkan untuk bersabar dan menggembirakannya dengan kemenangan.

Tujuan lainnya adalah untuk membantu orang-orang mukmin dalam menghafal dan menjaga Kitab Allah secara bertahap, agar juga turunnya ayat sejalan dengan suatu kejadian atau peristiwa untuk memberikan solusi atas masalah yang ada dan mengajarkan umat bagaimana seharusnya berinteraksi dengannya. Dan terakhir, bertujuan untuk menetapkan hukum-hukum Syari’at (tasyri’) secara bertahap dan berjenjang.
 
Yang pertama kali diturunkan kepada Nabi ﷺ dari al-Quran adalah firman Allah,

اقْرَأْ بِاسْمِ رَبّكَ الَذِيْ خَلَقَ، خَلَقَ الإِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍ، اقْرَأ وَرَبّكَ الأكْرَمُ، الَذِيْ عَلّمَ بِالقَلَمِ، عَلّمَ الإنْسَانَ مَالَمْ يَعْلَمْ

Bacalah dengan menyebut nama Rabb-mu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Rabb-mulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan al-qalam (tulis baca). Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS. Al-‘Alaq ayat 1-5)

Dan yang terakhir diturunkan adalah firmanNya,

وَاتّقُوْا يَوْمًا تُرْجَعُونَ فِيْهِ إلىَ اللهِ ثُمّ تُوَفّىَ كُلّ نَفْسٍ مَا كَسَبَتْ وَهُمْ لاَ يُظْلَمُوْنَ

Dan peliharalah dirimu dari (azab yang terjadi pada) hari yang pada waktu itu kamu semua dikembalikan kepada Allah. Kemudian masing-masing diri diberi balasan yang sempurna terhadap apa yang telah dikerjakannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).” (QS. Al-Baqarah ayat 281);

diturunkan sembilan malam sebelum wafatnya beliau, .

0 tanggapan:

Posting Komentar