Sponsors

24 April 2016

Bahaya Syirik Akbar

Syirik akbar menurut bahasa akan selalu menunjukkan pada makna kesetaraan, lawan dari bersendirian.

Menurut istilah, syirik akbar adalah ketika seorang hamba menjadikan sekutu bagi Allah, menyetarakannya dengan Allah dalam rububiyyahNya, uluhiyyahNya dan nama-nama serta sifat-sifatNya.

Hukumnya

Syirik akbar adalah dosa dan kezaliman yang paling besar, karena syirik akbar adalah memalingkan sesuatu yang murni hanya milik Allah –yaitu peribadatan- kepada yang selain Dia, atau mensifatkan salah satu dari makhlukNya dengan sesuatu dari sifat-sifatNya yang menjadi kekhususanNya.

Karenanya, Syariat telah menetapkan konsekuensi yang tidak ringan dan hukuman yang berat dalam persoalan ini. Diantaranya,

1. Allah tidak akan mengampuni dosa pelaku syirik akbar jika dia mati dalam keadaan demikian dan tidak bertaubat sebelum kematiannya.

إنّ اللهَ لاَ يَغْفِرُ أنْ يُشْرَكَ بهِ وَيَغْفِرُ مَا دُوْنَ ذَلِكَ لِمَن يَشَاءُ

Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, dan Dia mengampuni dosa yang selain dari syirik itu bagi siapa yang dikehendakiNya.” (QS. An-Nisa ayat 48 dan 116)

2. Pelakunya keluar dari Islam (murtad).

3. Allah tidak akan menerima amal seorang musyrik. Allah Ta’ala berfirman tentang orang-orang musyrik,

وَقَدِمْنَا إلىَ مَا عَمِلُوا مِن عَمَلٍ فَجَعَلْنَاهُ هَبَاْءً مَنْثُورًا

Dan Kami hadapkan segala amal yang mereka kerjakan, lalu Kami jadikan amal itu (bagaikan) debu yang beterbangan.” (QS. Al-Furqan ayat 23).

لَئِنْ أشْرَكْتَ لَيَحْبَطَنّ عَمَلُكَ وَلتكُوْننّ مِنَ الخَاسِريْنَ

Jika kamu mempersekutukan (Allah), niscaya akan hapuslah amalmu dan kamu termasuk orang-orang yang merugi.” (QS. Az-Zumar ayat 65).

4. Haram menikahkan seorang muslimah kepada seorang musyrik, dan diharamkan pula seorang muslim menikahi wanita musyrik.

وَلا تنْكِحُوا المُشْركاتِ حَتّى يُؤمِنّ وَلأمَةٌ مُؤمِنَةٌ خيْرٌ مِن مُشْركَةٍ وَلَو أعْجَبَتْكمْ، وَلا تُنْكِحُوا المُشْركِينَ حتّى يُؤمِنوا، وَلَعَبْدٌ مُؤمِنٌ خَيْرٌ مِن مُشْركٍ وَلَو أعْجَبَكُمْ

Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang beriman lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mukminah) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang beriman lebih baik dari orang musyrik walaupun dia menarik hatimu.” (QS. Al-Baqarah ayat 221).

5. Jika seorang pelaku syirik akbar meninggal dunia, maka dia tidak dishalatkan dan tidak dimakamkan di pekuburan kaum muslimin.

6. Haram baginya Surga dan ia kekal di Neraka. Allah berfirman,

إنّهُ مَن يُشْركْ باللهِ فَقَدْ حَرّمَ اللهُ عَلَيْه الجَنّةَ وَمَأوَاهُ النارُ وَمَا للظَالِمِيْنَ مِنْ أنْصَار

Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, maka Allah pasti mengharamkan atasnya Surga dan tempatnya adalah Neraka. Tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolong pun.” (QS. Al-Maidah ayat 72)

0 tanggapan:

Posting Komentar