Sponsors

27 Desember 2014

Al-Qur'an adalah Kalam Allah ﷻ

Al-Quran adalah manhaj ilahi yang abadi, yang Dia turunkan untuk menjadi undang-undang penutup seluruh risalah, agar petunjuk dan ajarannya cocok untuk setiap masa dan tempat, mencakup seluruh aspek kehidupan. Allah Ta’ala berfirman,

إِنّ هَذَا القُرْآنَ يَفْدِيْ لِلتِي هِيَ أقْوَمُ وَيُبَشّرُ المُؤْمِنِيْنَ الذيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصَالِحَاتِ أنّ لَهُمْ أجْرًا كَبِيْرًا

Sesungguhnya al-Quran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal shalih bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS. Al-Isra’ ayat 9)

Selayaknya bagi seorang muslim yang membaca al-Quran untuk membacanya dengan tadabbur dan tafakkur, kemudian mengamalkannya.

كِتَابٌ أنْزَلْنَاهُ إلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدّبَّرُوا آيَاتِهِ وَلِيَتَذَكّرَ أولُوا الألْبَابِ

Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatNya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.” (QS. Shad ayat 29)

Berikut adalah ringkasan tentang definisi al-Quran dan ilmu-ilmunya, agar membantu memahami tujuan diturunkannya al-Quran, memotivasi diri dalam menuntut ilmu, agar setiap kita mengerti bahwa apa yang kita ketahui sangatlah sedikit dan mengetahui bahwa tidaklah mudah menjadi ulama.

Al-Quran

Al-Quran adalah kalamullah yang merupakan mukjizat, diturunkan kepada Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dengan bahasa Arab, dengan perantaraan Jibril ‘alaihissalam, yang dinukilkan kepada kita dengan riwayat yang mutawatir, membacanya adalah ibadah, yang terkumpul diantara dua sampul mushaf, dimulai dengan surat al-Fâtihah dan ditutup dengan surat an-Nâs.

Definisi tersebut memberikan penjelasan bahwa al-Quran adalah Kalam (ucapan) Allah Ta’ala dan merupakan mukjizat yang tidak mungkin seorang pun bisa mendatangkan yang sepertinya selain Allah. Al-Quran telah diturunkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam melalui penyampaian wahyu, tidak dengan cara lainnya, dan wahyu itu disampaikan dengan perantaraan Jibril ‘alaihissalam. Al-Quran dinukil sampai kepada kita dengan jalan periwayatan yang qath’iy ats tsubût (pasti dan kuat). Sekedar membacanya adalah ibadah. Seluruhnya tepelihara diantara dua sampul mushaf, tidak ada sesuatupun yang hilang atau berubah, namun hal itu tidak mencakup apa yang ada diantara dua sampul mushaf dari pengantar-pengantar, daftar isi dan lain-lain, akan tetapi hanya terbatas pada apa yang dimulai dengan surat al-Fatihah dan berakhir dengan surat an-Nas.

0 tanggapan:

Posting Komentar