Sponsors

19 Juni 2016

Hijrahnya Kaum Muslimin ke Madinah

Setelah bai’at Aqabah kedua, mulailah kaum muslimin berhijrah ke Yatsrib yang di kemudian hari dikenal sebagai Madinah. Beberapa orang bahkan telah berhijrah sebelum terjadinya peristiwa bai’at Aqabah.

Dalam mimpinya, Rasulullah ﷺ telah diperlihatkan negeri tempat hijrahnya beliau dan para shahabatnya. Beliau berkata, “Aku melihat diriku berhijrah dari Makkah ke sebuah negeri yang padanya terdapat kebun-kebun kurma. Perkiraanku tempat itu adalah Yamamah atau Hajar, dan ternyata dia adalah kota Yatsrib.”[1]

Dalam riwayat lain beliau mengatakan, “Sungguh telah diperlihatkan kepadaku tempat hijrah kalian, (negeri) yang memiliki kebun-kebun kurma diantara dua dataran tinggi.”[2]

Seakan-akan beliau pada permulaannya diperlihatkan tempat hijrahnya dengan sifat-sifat yang ada di Yatsrib dan kota lainnya. Tapi kemudian diperlihatkan sifat yang lebih khusus lagi sehingga beliau bisa mengenalinya.

Yang pertama kali berhijrah adalah Abu Salamah bin Abdil Asad al-Makhzumi setelah ia mendapatkan perlakuan buruk Quraisy setelah kembali dari Habasyah. Abu Salamah berhijrah bersama istri dan putranya, namun kaum dari Ummu Salamah menolak kepergiannya bersama suaminya itu. Demikian pula keluarga Abu Salamah akhirnya mengambil paksa anak Abu Salamah dari ibunya. Maka pergilah Abu Salamah seorang diri menuju Madinah, dan itu terjadi kurang lebih setahun sebelum peristiwa Aqabah. Pada akhirnya, mereka membebaskan Ummu Salamah dan anaknya untuk menyusul suaminya di Madinah setahun setelahnya.

Setelah Abu Salamah, ikut berhijrah pula Amir bin Rabi’ah dan istrinya, Laila bintu Abi Hatsmah, dan Abdullah bin Ummi Maktum.

Setelah terjadinya bai’at Aqabah kedua, mulailah kaum muslimin berhijrah secara sembunyi-sembunyi menghindari Quraisy. Maka datanglah Bilal bin Rabah, Sa’ad bin Abi Waqqash. Ammar bin Yasir dan kemudian Umar bin Khattab bersama 20 orang shahabat lainnya.

Kaum muslimin berhijrah seluruhnya dan tidak tersisa di Makkah kecuali Rasulullah ﷺ, Abu Bakr, Ali, Zaid bin Haritsah dan orang-orang tertindas yang belum mampu untuk berhijrah.

——————————–

[1] HR. Al-Bukhary dan Muslim
[2]
HR. Al-Bukhary

1 tanggapan:

Slots Machines in New Jersey – Guide for Casino Gambling in NJ
Slots machines in New Jersey allow players to place 경상북도 출장샵 bets on slots 나주 출장샵 that pay real 성남 출장샵 money and 시흥 출장안마 win. In the most recent years, there's been a steady stream of 제주도 출장안마

Posting Komentar