Sponsors

12 Agustus 2012

I'tikafnya Seorang Muslim Tidak dengan Mengabaikan Kewajibannya yang Lain

Syaikh Muhammad bin Shalih al-Utsaimin rahimahullahu ditanya :

Seseorang yang memiliki tuntutan kewajiban terhadap keluarganya, apakah utama baginya untuk beri’tikaf?
  
******

Beliau menjawab :

I’tikaf adalah sunnah dan bukan kewajiban. Walaupun demikian, jika seseorang memiliki tuntutan-tuntutan pekerjaan terhadap keluarganya; jika hal tersebut wajib atasnya, maka dia wajib melaksanakannya, dan dia berdosa dengan i’tikafnya yang menghalangi dia dari kewajiban tersebut. Jika tuntutan urusan keluarga itu bukanlah perkara yang wajib atasnya, maka mungkin saja itu lebih utama daripada i’tikaf. Abdullah bin ‘Amr bin al-‘Ash radhiyallahu ‘anhuma pernah berkata : "Demi Allah, aku akan berpuasa pada siang hari dan shalat malam selama hidupku!"

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memanggilnya dan berkata : "Engkau mengatakan hal itu?"
 
Ia berkata : "Iya".

Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

صُمْ وأفطرْ، ونمْ وقمْ، فإن لنفسك عليك حقًا ولربك عليك حقًا ولأهلك عليك حقًا
"Berpuasa dan berbukalah, tidur dan dirikanlah shalat! Karena sesungguhnya, dirimu memiliki hak atasmu, Rabb-mu memiliki hak atasmu dan keluargamu memiliki hak atasmu". [HR. al-Bukhary dan Muslim]
 
Perbuatan seorang manusia meninggalkan kewajiban-kewajibannya untuk beri’tikaf adalah kekurangan dia dalam ilmu, dan juga kekurangan dirinya dalam hikmah. Karena pekerjaan seorang manusia untuk menutupi hajat keluarganya lebih utama daripada i’tikafnya. Adapun orang yang tidak memiliki pekerjaan itu, maka i’tikaf untuk dirinya disyari’atkan. Jika dia memiliki kewajiban keluarga itu dipermulaan sepuluh pertama, dan dia selesai darinya pada pertengahan Ramadhan dan ingin beri’tikaf diakhirnya, maka ini tidak mengapa karena masuk dalam makna firman Allah :

فَاتقوْا اللهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ
 
"Dan bertakwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu". [QS. 64 : 16]

_______________

Sumber :

Fatâwâ fî Ahkâm ash Shiyâm, hal. 510
       

0 tanggapan:

Posting Komentar