Sponsors

13 Desember 2012

Siapakah yang Dimaksud "Ahli Kitab"?

Siapakah Ahli Kitab di masa sekarang ini?

Orang-orang Nasrani (Salibis) yang beraqidah Trinitas, mereka adalah orang-orang yang mempersekutukan Allah. Orang-orang Yahudi (pembunuh para nabi), musuh-musuh Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam juga adalah orang-orang musyrik karena perkataan mereka : Kami adalah kekasih Allah, Tangan Allah terbelenggu, dst.; Kitab Sucinya juga telah diubah sebagaimana yang sudah diketahui. Karena itu, mohon dijelaskan dengan sejelas-jelasnya, hilangkan kebingungan orang-orang yang bingung, semoga Allah mengganjar Anda dengan kebaikan.

***

Jawab :

Ahli Kitab (Ahlul Kitab) merekalah Yahudi dan Nasrani dengan (aqidah) syirik mereka (itu). Syirik itu sudah ada pada mereka saat diturunkannya al-Quran kepada nabi kita, Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam. Allah subhanahu telah mengabarkan tentang penyembahan orang-orang Nasrani terhadap al-Masih 'alaihissalam, dan perbuatan mereka yang menjadikannya tuhan bersama Allah dan beribadah kepadanya bersama ibadah mereka kepada Allah. Allah Ta'ala berfirman :

لَقَدْ كَفَرَ الذِيْنَ قَالُوا إنَّ اللهَ هُوَ المَسِيْحُ ابْنُ مَرْيَمَ

"Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang mengatakan, 'Sesungguhnya Allah, Dia-lah Isa putra Maryam'." (QS. al-Maidah ayat 17)

Sebagaimana Allah telah mengabarkan tentang orang-orang Yahudi yang mengatakan bahwa Uzair (Ezra) adalah putra Allah. Dan Dia subhanahu juga mengabarkan tentang semua Ahli Kitab bahwasannya mereka telah menjadikan ulama-ulama dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan-tuhan selain Allah. Dia berfirman :

وَقَالَتِ اليَهُوْدُ عُزَيْرُ بْنُ اللهِ وَقَالَتِ النَصَارَى المَسِيْحُ ابْنُ اللهِ، ذَلِكَ قَوْلُهُمْ بِأفْوَاهِهِمْ، يُضَاهِئُوْنَ قَوْلَ الَذِيْنَ كَفَرُوا مِنْ قَبْلُ، قَاتَلَهُمُ اللهُ أنَّى يُؤْفَكُوْنَ

"Dan orang-orang Yahudi berkata, 'Uzair putra Allah', dan orang-orang Nasrani berkata, 'Al-Masih putra Allah.' Itulah ucapan yang keluar dari mulut mereka. Mereka meniru ucapan orang-orang kafir yang terdahulu. Allah melaknat mereka; bagaimana mereka sampai berpaling?" (QS. at-Taubah ayat 30)

Dan firman-Nya Ta'ala :

قُلْ يَا أهْلَ الكِتابِ تَعَالَوا إلَى كَلِمَةٍ سَوَاءٍ بَيْنَنَا وَبَيْنَكُمْ ألا نَعْبُدَ إلا اللهُ وَلا نُشْرِكَ بِهِ شَيْئًا ولا يَتَّخِذُ بَعْضُنَا بَعْضًا أرْبَابًا مِنْ دُوْنِ اللهِ، فَإنْ تَوَلَّوْا فَقُوْلُوْا اشْهَدُوا بِأنَّا مُسْلِمُوْنَ

"Katakanlah (Muhammad), 'Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada satu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah.' Jika mereka berpaling, maka katakanlah (kepada mereka), 'Saksikanlah bahwa kami adalah orang-orang muslim!'." (QS. Alu Imran ayat 64)

Dan Dia subhanahu mengabarkan tentang ucapan mereka mengenai Trinitas dan melarang mereka tentang hal tersebut. Dia berfirman :

يَا أهْلَ الكِتَابِ لا تَغْلُوْا فِي دِيْنِكُمْ

"Wahai Ahli Kitab! Janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu..."; sampai kepada firman-Nya :

وَلا تَقُوْلُوْا ثَلاَثَةٌ، انْتَهُوْا خَيْرًا لَكُمْ، إنَّمَا اللهُ إلَهٌ وَاحِدٌ

"Dan janganlah kamu mengatakan, '(Tuhan itu) tiga'; berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah, Tuhan Yang Maha Esa..." (QS. an-Nisa' ayat 171);

dan lain-lainnya dari ayat-ayat yang menunjukkan akan kesyirikan dan kekufuran mereka saat turunnya wahyu, dan Dia telah menamakan mereka "Ahli Kitab" dalam banyak tempat dalam al-Quran. Wa bi_Llahi at taufiq.

وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم


Al-Lajnah ad-Da'imah li al-Buhuts al-'Ilmiyyah wa al-Ifta' (Lembaga Tetap untuk Riset Ilmiah dan Fatwa Kerajaan Saudi Arabia)

Ketua :
Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz

Wakil Ketua :
Abdul Razzaq Afifi

Anggota :
Abdullah bin Ghudayyan
Abdullah bin Qu'ud

----------------

Sumber : Fatawa al-Lajnah ad-Da'imah, III/422-423, fatwa no. 7150

0 tanggapan:

Posting Komentar